Kandang Sehat dengan Atap UPVC

Bagaimana kandang ayam yang ideal dan sehat? Saat ini, kondisi lingkungan banyak mengalami perubahan. Mulai dari kondisi suhu yang sedang meningkat karena pemanasan global, hingga semakin jenuhnya kondisi lingkungan peternakan. Perubahan ini tentunya akan memberikan dampak terhadap performa ayam dan unggas yang kita pelihara.

Penurunan produksi telur dan panas stress (stres panas) menjadi manifestasi respon ayam terhadap perubahan tersebut. Beberapa langkah pencegahan dan pengendalian dilakukan untuk memberi kenyamanan untuk unggas atau ayam agar tetap memiliki performa baik. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah sistem dan manajemen perkandangan yang baik.

Tata Letak Kandang

Tata letak kandang berpengaruh terhadap kesehatan kandang. Tata letak kandang minimal memenuhi syarat letak sebagia berikut.

  • Kandang dibangun di tempat yang tinggi dari lahan sekitarnya agar udara dapat berputar dan bergerak bebas melintasi kandang. Dengan demikian akan tercipta peredaran udara yang baik. Di samping itu, kandang terhindar dari genangan air.
  • Kandang harus mendapat sinar matahari. Agar cahaya matahari pagi dapat masuk ke dalam kandang secara merata maka arah kandang hendaknya membujur arah timur barat. Dengan masuknya cahaya matahari pagi dapat memebantu pembentukan vitamin D pada ternak.
  • Kandang minimal 15 meter dari permukiman warga.
  • Letak kandang sebaiknya jauh dari jalan tempat orang lalu lalang, karena suara berisik dapat mempengaruhi tingkat stres unggas
  • Dekat Dengan Sumber Pakan. Hampir sebagian besar atau hampir (70-80 %) pengeluaran anggaran biaya dalam usaha peternakan di pergunakan untuk membeli pakan. Dengan mengacu hal tersebut diatas, maka dalam membangun kandang ternak alangkah baiknya dekat dengan sumber pakan. Sumber pakan tersebut bisa berupa pakan konsentrat, limbah hasil pertanian, limbah industri, hijauan pakan ternak seperti rumput-rumputan, jerami padi, tebon jagung, pucuk daun tebu, leguminosa (kacang-kacangan seperti lamtoro, turi, petai cina, gliricidae dan dedaunan). Konsentrat adalah pakan ternak yang terbuat dari berbagai bahan pakan berupa: dedak, jagung, bungkil kedelai, bungkil kacang tanah, onggok, polar, tetes, bungkil biji kapuk (klentheng), kulit biji kopi, dan lain sebagainya

Bahan Pembuatan Kandang

Untuk bahan atap sebaiknya menggunakan genteng batu bata atau atap UPVC , hindarkanlah penggunaan atap dari bahan seng, sebab bahan tersebut dapat meningkatkan suhu di dalam ruangan kandang dan menimbulkan suara bising , terutama saat hujan atau angin kencang.

Ventilasi berguna untuk sirkulasi udara atau pertukaran antara udara yang kotor (kurang segar) dengan udara segar agar udara didalam kandang dapat terus berganti sehingga ternak dapat berproduksi secara optimal. Ventilasi yang baik akan mengurangi tumbuhnya bibit penyakit sehingga ternak akan lebih sehat. Keadaan ventilasi yang jelek ditandai dengan ruangan kandang pengap, lembab, kotor, berdebu dan panas. Kecepatan angin di dalam kandang harus diatur disesuaikan dengan jumlah ternak yang ada di dalam kandang, suhu ruangan atau pun suhu lingkungan dan produksi gas-gas yang ditimbulkan oleh ternak dan keturunannya. Ventilasi yang baik akan berpengaruh pada kelembaban (humidity) di dalam kandang.

Kelembaban dalam ruangan kandang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ternak yang tinggal didalamnya. Kelembaban yang tinggi dapat menyebabkan ternak menderita suatu penyakit pernafasan. Kelembaban yang tinggi dalam kandang bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain ; dari badan ternak itu sendiri, kotoran dan air kencing, percikan air minum pada saat ternak minum dan sebagainya. Kelembaban juga akan berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan bibit penyakit atau sumber penyakit, apabila kelembaban yang ada cocok untuk pertumbuhan dan perkembangan suatu bibit penyakit atau sumber penyakit, maka populasi bibit penyakit dapat meningkat dengan pesat. Dengan meningkatnya populasi bibit penyakit, maka kemungkinan besar ternak terserang penyakit semakin besar, terlebih-lebih apabila kondisi fisik ternak kurang bagus (baru dalam keadaan menurun). 

Kandang sehat harus mudah dibersihkan. Salah satu pekerjaan terbesar dalam kandang adalah menjaga kebersihan kandang struktur lantai agak miring akan memudahkan dalam membersihkan kandang. Sumber air harus mudah didapatkan di semua tempat di dalam kandang. Kotoran harus dapat dengan mudah disingkirkan dari kandang dalam waktu yang singkat 

Kandang sehat hendaknya terjaga dari pengaruh hujan dan angin kencang, sebab kemungkinan air hujan akan masuk kedalam kandang atau angin kencang dapat menyebabkan bangunan kandang roboh. kekuatan bahan bangunan dan konstruksi harus diperhitungkan. Kandang-kandang harus dibuat dari bahan yang kuat. Kandang ternak yang mempunyai masa produksi pendek (misalnya ayam pedaging/ broiler) bisa dibuat dari bahan yang tidak begitu tahan lama dibandingkan dengan kandang sapi potong akan tetapi kandang yang terlalu cepat rusak akan menyebabkan biaya perbaikan atau renovasi kandang akan menjadi suatu rutinitas, sebaiknya suatu kandang dapat bertahan 5 sampai 15 tahuan. Kandang juga harus tahan terhadap iklim yang ada. Hujan dan tiupan angin yang kencang merupakan gangguan yang umum bagi daerah tropis tetapi untuk daerah sub-tropis salju dan suhu yang rendah merupakan faktor lain yang harus diperhatikan.

Demikian syarat-syarat kandang unggas yang harus diperhatikan. Atap yang digunakan kami sarankan menggunakan Atap UPVC Golden Roof, karena selain atap UPVC ini kuat terhadap suhu dan cuaca. Atap UPVC Golden Roof ini sangat baik dalam meredam panas dan meredam suara. Sehingga ayam tidak akan stres karena kondisi yang berisik karena hujan.

kandang ayam sehat dengan atap upvc
Kandang Sehat

Call Now Button