FIRE RETARDANT , APA ITU?

insulated-sandwich-panel-fire-retardant

Tentang FIRE RETARDANT.

Manusia berencana, tuhan yang menentukan. Sering sekali mendengar istilah itu bukan? Bangunan yang kokoh dan kuat, tiba-tiba bisa dilalap api, atau roboh karena bencana atau struktur yang kurang sempurna. Untuk menghindari terjadinya kebakaran, sekarang masyarakat mulai beralih ke bahan bangunan yang tahan api. atau bahkan yang dapat mengurangi intensitas api saat terpapar. 

Apa yang menyebabkan suatu bahan dapat tahan terhadap api? Adanya kandungan Bahan Fire Retardants. Fire retardant adalah bahan yang dapat memperlambat atau menghentikan jalannya api ataupun mengurangi intensitas penyebaran api. 

Ada beberapa bahan yang memang sudah mengandung retardants agent, seperti insulated sandwich panel. Tetapi ada pula bahan yang memang memerlukan tambahan retardant agar bahan tersebut semakin kuat terhadap api. Contohnya saja, bubble insulasi, pipa UPVC, atap UPVC, dll.

Cara kerjanya adalah mendinginkan bahan bakar melalui reaksi fisika maupun kimia. 

Di kehidupan sehari-hari, fire retardant tersedia dalam bentuk bubuk, atau dapat dicampur air sehingga terbentuk foam, atau bentuk gel. Fire retardant juga tersedia dalam bentuk coating atau spray. Fire retardant yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah hidroksida logam, senyawa posporus, senyawa yang mengandung halogan dab clay.

Untuk keamanan dari bahan fire retardant, selama tidak termakan, bahan ini tergolong aman apabila terkena kulit. 

Reaksi fisika yang terjadi untuk mengurangi intensitas api adalah:

  • Sebagai pendingin material
  • Membentuk lapisan pelindung yang mencegah material terpapar api secara langsung
  • Saat tercampur dan terbakar, beberapa material retardant ada yang dapat menghasilkan air dan atau karbondioksida. Zat tersebut dapat mengurangi besarnya laju api.

Dalam Insulated Sandwich Panel, masing-masing tipe mengandung retardants agent untuk menghemntikan perambatan nyala api. Perbedaannya, hanya pada kecepatan dan reaksi yang ditimbulkan saat terpapar api.

Dalam insulasi bubble aluminium juga mengandung campuran retardant sehingga insulasi bubble sangat tahan terhadap api. Lapisan alumunium yang terpapar api tidak akan menyebarkan api ke samping sehingga api lebih mudah dipadamkan.

Anda dapat menghubungi kami secara langsung melalui kontak yang tersedia untuk mendapatkan info lebih detail mengenai bahan material yang tahan api.

You may also like
ASPEK YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MEMILIH MATERIAL ATAP
SEMUA TENTANG INSULATED SANDWICH PANEL
ATAP SUDAH TERPASANG, TAPI INGIN DINGIN. GIMANA YA?
PERBEDAAN PVC VS UPVC

1 Response

Call Now Button